Jumat, 14 Oktober 2011

8 TIPS MENJADI POSITIF DALAM 30 DETIK

Aktivitas rutin setiap hari pasti menyita banyak waktu Anda. Namun, terlalu sibukkah Anda sampai tak punya waktu untuk melakukan hal-hal positif? Sebenarnya, Anda hanya butuh 30 detik untuk melakukan berbagai hal positif yang bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Tak percaya? Berikut delapan aktivitas positif yang bisa Anda lakukan hanya dalam 30 detik saja:Tersenyum.
Ini merupakan hal yang terbilang paling mudah dilakukan dan sepele, namun memiliki dampak yang sangat besar untuk diri sendiri dan orang lain. Senyum bisa merileksasi ratusan saraf di wajah, dan melepaskan stress. Bahkan tersenyum bisa membuat orang menjadi awet muda.
Minum.
Sekitar 75 persen otak kita tersusun dari air, namun otak merupakan salah satu organ yang paling mudah kehilangan cairan. Jika otak sudah kehilangan cairan, maka kita tak akan bisa berpikir jernih dan tenang. Karena itu, lupa minum seharusnya tidak jadi alasan, karena Anda hanya butuh 30 detik untuk melakukannya.
Menarik nafas.
Bernafas memang merupakan hal alami dan kebutuhan setiap manusia. Namun, karena menjadi hal rutin yang dilakukan setiap hari, terkadang banyak orang yang tidak menikmati setiap helaan nafasnya. Bersamaan dengan menarik nafas, sekitar 70 persen kotoran dari dalam tubuh dikeluarkan melalui paru-paru. Sebelum memulai aktivitas, cobalah untuk meletakkan tangan Anda di pinggang, dan tariklah nafas dalam-dalam secara perlahan. Rasakan setiap hembusan nafas yang dihirup dan dikeluarkan. Biasakan melakukannya setiap pagi hari, karena udaranya masih segar.
Menyugesti diri.
Sugesti lah diri sendiri agar Anda mampu melakukan semua hal dengan baik, dan mensyukuri segala hal yang terjadi sepanjang hari. Cobalah menyugesti diri Anda dengan mengulangi kalimat “Saya utuh dan lengkap”. Kalimat ini mengungkapkan rasa syukur atas kondisi Anda sehingga Anda akan bisa berpikir jernih dan menghadapi semua permasalahan dengan baik. Ulangi kalimat tersebut selama 30 detik.
Melakukan peregangan.
Hal yang satu ini juga bisa Anda lakukan dengan mudah setiap harinya. Dengan sedikit melakukan peregangan pada pagi hari setelah bangun tidur, tubuh pun akan terasa lebih bugar.
Memejamkan mata.
Bila sudah merasakan sedikit penat dan stres, cobalah rileksasikan tubuh Anda sebentar. Jangan memaksa melakukan sesuatu ketika tubuh sedang lelah, karena hasilnya pun tidak akan positif. Berilah kesempatan pada diri Anda untuk beristirahat dan mengembalikan keseimbangan tubuh. Pejamkan mata, kepalkan tangan, dan letakkan di telinga, kemudian dengarkan suara ombak dan angin sepoi-sepoi di pantai yang tenang.
Gerakkan tubuh.
Putarlah beberapa jenis musik yang Anda sukai di pemutar musik Anda, lalu dengarkan dan gerakkan tubuh Anda mengikuti alunan lagu selama 30 detik. Setelah itu energi Anda pun akan terasa semakin besar.
Do Nothing.
Ini adalah hal yang paling menyenangkan. Tak usah melakukan apapun, hanya bersantai. Anda bisa duduk saja dan melamun, arahkan pandangan keluar jendela ataupun tataplah langit langit yang cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar